Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

Jumat, 13 Februari 2015

Urbanisasi global

 Hembusan angin sejuk di pagi hari serta keramahan suasana begitu terasa ketika sedang berada di sebuah pedesaan yang jauh dari hiruk pikuk perkotaan. aktivitas berbagai profesi formal atau pun non formal mulai bergulir sesaat setelah matahari terbit. sebagian besar masyarakat pedesaan umumnya berprovesi sebagai petani. pertanian adalah sebuah warna peradaban  yang merupakan salah satu penggerak perekonomian paling berpengaruh dan menjajikan. area pertanian adalah sumber dari segalanya, dari sisnilah kebutuhan dasar serta manfaat luar biasa yang di rasakan itu berawal. namun tidak semua lahan yang menjanjikan ini dapat di manfaatkan secara maksimal, karena banyak pula lahan mati yang di antaranya di akibatkan oleh  kekeringan atau sebab lain  yang jika di garap, hanya komoditas tertentu saja yang dapat tumbuh bahkan tidak sama sekali, sehingga biasanya di alih fungsikan. tak jarang dari mereka meninggalkan daerahnya untuk mencari pekerjaan di daerah lain ataupun di uar negeri
 Di lain tempat, suara dentuman mortir terdengar keras di tengah tengah kesenyapan. sampah sampah berbahan logam dari sisa sisa amunisi berserakan di mana mana. tak ada aktivitas kehidupan normal yang terlihat,  tidak terlihat pula raut ke ceriaan di wajah para penduduk yang  hanya sesekali terlihat jika suasana sedikit terasa mereda.  teror dan bahaya menghantui mereka setiap saat. banyak dari penduduk meninggalkan negeri mereka karena sudah tidak ada lagi yang mereka harapkan dari negeri mereka yang sedang di landa peperangan, apa pun caranya. Manusia perahu yang lazim di sebut, adalah contoh betapa kuatnya keinginan mereka untuk meninggalkan negeri mereka meskipun sebagai imigran gelap.
  Sebuah pekerjaan yang bergerak di bidang apa saja termasuk tugas pemerintahan, kadangkala yang mengharuskan seseorang berpindah dari satu tempat ke tempat lain untuk urusan tertentu.
 Semua gambaran di atas adalah beberapa hal mendasar yang bisa saja mendorong terjadinya urbanisasi. Urbanisasi tidak dapat di pungkiri akan terjadi. urbanisasi dapat menjadi kekuatan baru bagi perekonomian suatu wilayah. namun dapat juga melahirkan persoalan baru. dalam skala global, urbanisasi menybabkan tidak meratanya jumlah penduduk dunia,  karena suatu wilayah akan menjadi sangat padat dan di sisi lain tentu akan menjadi sepi..  urbanisasi  adalah semacam alternatif dari persoalan sosial yang pelik, atau semacam tuntutan dalam membangun ekonomi,  finansial, serta kesetaraan perdaban.
Urbanisasi adalah persoalan global yang rumit. yang perlu penanganan secara detail. dan melihatnya dari semua aspek mulai pembenahan sumber daya manusia, pemerataan pembangunan, perekonomian, teknologi yang seimbang, dan kedaulatan. dengan demikian, paling tidak dapat sedikit mengurangi persoalan rumit ini. Namun apa pun solusinya, urbanisasi akan terus berlanjut karena ini semacam siklus peradaban yang berevolusi dan mungkin inilah idealnya kehidupan bumi kita.

0 komentar :

Posting Komentar